rsnurhidayahbantul@gmail.com 0851 0047 2941

Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona

16 Mar 2020, 10:47

Virus Corona saat ini masih menjadi topik hangat diseluruh dunia karena kemunculannya sejak Januari 2020. Seluruh Dunia mendadak diteror oleh Virus Corona yang telah merenggut ratusan nyawa orang dalam waktu dua pekan saja. Dan, hingga saat ini tercatat ada lima ribuan orang meninggal akibat virus Corona yang menyebar di beberapa Negara.

Sebenarnya apa itu Virus Corona?

Virus Corona adalah jenis virus baru yang ditemukan di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus ini mulai terdeteksi sejak tanggal 20 januari 2020 saat ditemukan tiga orang tewas di Wuhan akibat menderita Pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona tersebut.

Satu hal yang paling mengkhawatirkan adalah virus ini terus menerus memakan korban hingga ribuan orang di Negara-negara Asia dan Eropa. Bahkan sampai ke Amerika. 

Virus ini semakin menjadi hal yang meresahkan masyarakat karena mengingatkan pada Sindrom Pernafasan Akut Berat (SARS) yang pernah menewaskan hampir 650 orang di Tiongkok tahun 2002 dan di Hong Kong tahun 2003. Namun, kali ini korban meninggal akibat pandemi virus Corona jauh lebih banyak dibandingkan dengan SARS.

Asal mula Virus Corona dan Penyebarannya

Dikutip dari Center For Disease Control and Prevention, cdc.gov, Virus Corona diidentifikasi dapat menyebabkan penyakit gangguan saluran pernapasan. Dalam Istilah kedokteran disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV atau  COVID-19).

Virus ini pertama kali muncul di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan. Orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini diketahui merupakan para pedagang di pasar tersebut.

Koresponden kesehatan dan sains BCC, Michelle mengatakan di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan terdapat juga hewan liar yang dijual seperti ayam, ular dan kelelawar.  Mereka menduga virus ini berasal dari hewan liar seperti kelawar dan ular yang kemudian menyebar dari hewan ke tubuh manusia, dan kemudian menular ke antar manusia.

Gejala yang Muncul Akibat Terinfeksi Virus Corona

  • Demam lebih dari 38˚c
  • Gangguan pernafasan
  • Batuk dan Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Letih dan lesu

5 Cara Penularan Virus Corona

  • Transmisi dengan cairan: cairan yang dimaksud adalah cairan tubuh yang keluar seperti batuk dan bersin. Jika mengetahui hal tersebut hendaknya menjaga jarak minimal satu meter dari penderita.
  • Transmisi dari udara: virus ini bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara.
  • Transmisi kontak: Virus ini bisa menular melalui kontak dengan kulit si penderita atau selaput lendir penderita seperti mata, luka terbuka, lidah dan lain-lain.
  • Transmisi dari hewan: memelihara, menjual bahkan mengkonsumsi hewan-hewan liar yang membawa virus corona mempunyai resiko tinggi tertular virus tersebut.
  • Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang memiliki 1 tempat tinggal dengan pasien, para medis, atau bahkan orang yang hanya berpapasan dengan penderita rentan untuk tertular.

Menyikapi Penyebaran Virus Corona

Virus corona semakin menyebar luas dengan ke beberapa Negara, termasuk Indonesia. Dilaporan bahwa penyebaran virus corona telah sampai ke 18 negara.

Menurut WHO jumlah penyebaran sudah meningkat per tanggal 30 januari 2020 dan pada tanggal itu pula WHO menyatakan Darurat Global terhadap wabah Virus Corona.  Beberapa Negara yang mengumumkan bahwa positif tertular virus corona antara lain: Jepang, Singapura, Malaysia, Prancis, Korea Selatan, Vietnam, Kamboja, Thailand, Nepal, Sri Lanka, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Uni Emira Arab, India, Filipina dan Finlandia.

Saat ini dunia memang dalam masa darurat akibat virus Corona, tapi kita tidak boleh panik. Namun, harus tetap waspada dan selalu menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang bisa membuat kita terinfeksi virus Corona.

Pemerintah kita saat ini telah mengupayakan dengan maksimal agar virus Corona tidak meluas dan menimbulkan banyak korban di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan koordinasi bersama instansi rumah sakit dan unit pelayanan kesehatan untuk kesiap-siagaan menangani kasus terkait virus Corona.

Oleh karena itu, kita harus turut berpartisipasi dengan cara segera melaporkan atau memeriksakan orang-orang yang ada di sekitar kita jika terlihat beberapa gejala yang disebutkan di atas.

RS Nur Hidayah telah menyiapkan berbagai aspek untuk menghadapi hal ini. Baik dari aspek sumber daya manusia, hingga aspek fasilitas. Harapannya agar bisa memberikan layanan kesehatan prima yang optimal kepada masyarakat. Tentu juga sebagai wujud kepedulian terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Corona.

 

Ditulis oleh: Yuanita, S.Kep.,

Editor: Eko Suseno, S.Kep., Ns.

 

Referensi

Center For Disease Control and Prevention, cdc.gov

Kompas.com

http://kbritokyo.jp/pengumuman-terkait-virus-corona/

Sumber gambar: pixabay.com