Jl. Imogiri Timur Km.11.5 Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta Telp. 085100472941, Fax. (0274) 4396906
Profesional, Bersahabat, Islami
Tim Medis RS Nur Hidayah Terjun ke Lokasi Suspek Antrax

13 Feb 2020, 13:30

Yogyakarta – Rumah Sakit Nur Hidayah menerjunkan tim medis untuk melakukan bakti sosial di Gunungkidul. Tepatnya di Dusun Janglot, Desa Pucanganom, Rongkop, Gunungkidul. Kegiatan bakti sosial ini dalam rangka merespon kasus antrax yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa daerah di Gunungkidul.

Pemilihan Dusun Janglot sebagai lokasi baksos, antara lain setelah didapatnya informasi ada ternak warga yang mati. Tentu saja tim dari RS Nur Hidayah berkoordinasi dengan pemerintah Desa Pucanganom terkait penentuan lokasi dan dalam penyiapan kegiatan ini.

Meskipun belum dinyatakan positif antrax, tapi tim medis RS Nur Hidayah merasa perlu untuk melakukan tindakan screening dan pencegahan. Oleh karena itu pada hari Sabtu, tanggal 8 Februari 2020 rombongan Tim Medis RS Nur Hidayah mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Dusun Janglot.

Dari keterangan warga diketahui bahwa pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan Pangan telah melakukan beberapa tindakan. Antara lain dengan memberikan vaksin, antibiotic, dan desinfektan. Juga pengambilan sampel untuk memastikan penyebaran antrax di Gunungkidul.

“Kami berterima kasih sekali kepada tim medis dari RS Nur Hidayah yang telah melakukan bakti sosial di Dusun kami. Kegiatan ini sangat membantu sekali, terutama untuk memastikan kesehatan warga di Dusun Janglot,” ungkap Pak Supriyanta dalam sambutannya mewakili pemerintah Desa Pucanganom.

Total 90 orang warga Dusun Janglot telah mendapat pengobatan gratis pada hari itu. Dari hasil screening tim medis tidak menemukan adanya warga yang memiliki keluhan berat yang mengarah ke antrax. Dari hasil pemeriksaan tim medis, beberapa jenis penyakit yang ditemukan antara lain hipertensi, asma, asam urat, dan lain sebagainya.

Penyelenggaraan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis ini bekerjasama dengan ZIS Nur Hidayah sebagai lembaga penyalur zakat dan bantuan kemanusiaan. Kegiatan ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh RS Nur Hidayah bersama ZIS. Bahkan sudah ada kegiatan rutin kemanusiaan yang diselenggarakan secara rutin sebagai bagian dari program ZIS Nur Hidayah.

“Kita harus siap untuk terjun langsung ke lapangan sebagai bagian dari misi kemanusiaan. Terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan sebagai wujud bakti kita kepada Negara dan juga profesi kita,” tutur Dr. Estianna Khoirunisa selaku Direktur RS Nur Hidayah ketika memberikan pembekalan pada rapat koordinasi tim medis.

Sudah menjadi komitmen dari RS Nur Hidayah bahwa setiap misi sosial kemanusiaan yang dijalankan adalah merupakan perwujudan dari visi misi RS Nur Hidayah. Oleh karena itu ke depan RS Nur Hidayah akan terus ikut berperan dalam kegiatan-kegiatan berskala nasional untuk turut meningkatkan derajat kesehatan bangsa. 

info kamar kosong

  • 7

    VIP - Umum

    Rp. ,-/hari

  • 6

    KELAS III - Saraf

    Rp. ,-/hari

  • 7

    KELAS III - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 7

    KELAS III - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 4

    KELAS III - Kandungan

    Rp. ,-/hari

  • 4

    KELAS III - Penyakit Dalam

    Rp. ,-/hari

  • 6

    KELAS III - Anak

    Rp. ,-/hari

  • 3

    KELAS II - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 2

    KELAS I - HCU

    Rp. ,-/hari

  • 2

    KELAS I - Umum

    Rp. ,-/hari

  • 0

    RUANG ISOLASI - Isolasi Imunitas Menurun

    Rp. ,-/hari

  • 0

    RUANG ISOLASI - Isolasi Air Borne

    Rp. ,-/hari

Peta lokasi


View RS Nur Hidayah Bantul in a larger map
free web hit counter