rumahsakitnurhidayah@gmail.com / rsnurhidayah_bantul@yahoo.com 0851 0047 2941

Pengajian dan Syawalan Ahad Kliwon

13 Jun 2023, 11:02

P1090480 (1) : Pengajian Dan Syawalan Ahad Kliwon
 

Pengajian dan Syawalan Ahad Kliwon: Menyelami Makna Rasa Syukur dalam Kesehatan dan Penyakit

Tanggal 14 Mei 2023 menjadi hari yang istimewa bagi lebih dari 250 orang yang hadir dalam pengajian Ahad Kliwon yang diadakan RS Nur Hidayah. Pengajian kali ini diisi dengan penuh kehangatan oleh Bapak DR. dr. Sagiran Sp.B (K) KL., M.Kes sebagai Pengurus Rumah Sakit Nur Hidayah. Acara dimulai pukul 06.00 pagi dan berlangsung hingga pukul 07.30 pagi, di mana para peserta diberikan kesempatan untuk merenungkan dan memperdalam pemahaman tentang rasa syukur dalam konteks menjadi orang sehat dan rasa syukur ketika diberi penyakit oleh Allah SWT.

Dalam kajiannya, Bapak DR. dr. Sagiran Sp.B (K) KL., M.Kes mengajak para peserta untuk merenungkan makna rasa syukur dalam kesehatan. Beliau mengingatkan bahwa kesehatan adalah anugerah yang tak ternilai dari Allah SWT, yang seringkali kita terlalu sering mengabaikannya. Kita sering kali baru menyadari betapa berharganya kesehatan ketika kita jatuh sakit atau menghadapi tantangan kesehatan lainnya. Rasa syukur menjadi orang sehat, menurut Bapak DR. dr. Sagiran, adalah suatu bentuk penghargaan dan kepatuhan terhadap nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Namun demikian, Bapak DR. dr. Sagiran juga menyentuh topik yang lebih sensitif, yaitu rasa syukur ketika diberi penyakit oleh Allah SWT. Dalam pandangan Islam, penyakit juga merupakan ujian dan cobaan dari Allah SWT. Beliau menjelaskan bahwa dalam situasi seperti ini, rasa syukur tidak berarti kita merayakan penyakit atau menginginkan penderitaan, melainkan mengapresiasi pelajaran dan hikmah yang dapat kita ambil dari pengalaman tersebut. Rasa syukur dalam penyakit mencakup penerimaan, kesabaran, dan keyakinan bahwa Allah SWT memberikan ujian ini dengan tujuan yang baik dan bahwa kesembuhan dapat datang melalui-Nya.

Selama pengajian berlangsung, suasana penuh kekhusyukan terasa di antara para peserta. Selain kajian oleh dr. Sagiran, ikrar syawalan juga disampaikan oleh perwakilan dari Yayasan Nur Hidayah sebagai ikrar permintaan maaf atas segala kesalahan yang telah lalu. Sambutan oleh bapak Lurah Trimulyo.

Pengajian Ahad Kliwon kali ini benar-benar mengingatkan kita akan pentingnya rasa syukur dalam hidup, terutama terkait dengan kesehatan dan penyakit. Kehadiran Bapak DR. dr. Sagiran sebagai narasumber memberikan wawasan yang mendalam dan berharga bagi para peserta. Semoga melalui pengajian ini, kita dapat lebih menghargai kesehatan yang kita miliki dan memiliki rasa syukur yang mendalam atas segala karunia yang telah Allah SWT berikan kepada kita, baik dalam keadaan sehat maupun ketika diuji dengan penyakit.