Jl. Imogiri Timur Km.11.5 Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta Telp. 085100472941, Fax. (0274) 4396906
Profesional, Bersahabat, Islami
10 Cara Mencegah Virus Corona (Covid-19)

17 Mar 2020, 07:00

Beberapa pemberitaan terkait virus Corona seringkali disikapi dengan cara yang berbeda-beda. Bahkan beberapa masyarakat merasa semakin resah ketika mendengar kabar terkait virus Corona.

Misalnya saja ketika diumumkan bahwa ada dua warga negara indonesia (WNI) yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona dan menjalani masa perawatan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. 

Akibat pemberitaan tersebut banyak masyarakat Indonesia yang “Panik” secara berlebihan hingga melakukan berbagai tindakan yang kurang tepat dalam melakukan pencegahan Virus Conora tersebut. 

Tentu saja kepanikan itu tidak akan terjadi ketika masyarakat tahu bagaimana cara mencegah penyebaran virus Corona dan seperti apa gejalanya. Di artikel sebelumnya kami telah mengulas mengenai apa dan seperti apa gejala orang yang terjangkit virus Corona.

Silakan baca di link artikel berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai virus Corona: Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona

Cara Mencegah Virus Corona

Jangan Menyentuh Area Wajah (atau Wajah Siapa pun Juga)

Bukan hanya wajah, tapi bagian kulit lainnya juga dapat membuat virus ini berpindah secara cepat. Jika harus bersentuhan dengan orang lain maka cuci bersih dahulu tangan kalian dengan sabun dan begitu pula setelah melakukan kontak fisik maka cuci kembali hingga bersih tangan anda.

Atau sering-seringlah mencuci tangan dengan antiseptik atau hand sanitizer setiap kali menyentuh benda-benda di area umum. Sehingga telapak tangan tetap terjaga dari risiko terpapar virus Corona.

Gunakan Masker

Penggunaan masker di sini diperuntukan bagi:

Jangan berbagi Makanan, Alat Makan, Gelas dan Handuk

Indonesia termasuk masyarakat yang mempunyai rasa solidaritas, empati dan kasih sayang yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan tingginya rasa ingin berbagi apa saja dan kepada siapa saja. Namun, dalam situasi tertentu ternyata tidak semua yang kita bagi itu akan membawa dampak positif kepada orang lain.

Penularan virus corona bisa melalui berbagai hal antara lain cairan tubuh seperti air ludah (saliva) dan jika penderia Virus Corona membagikan gelas yang sudah digunakan untuk minum, maka kita bisa berisiko tinggi untuk tertular penyakit tersebut.

Membuka dan Menutup Pintu dengan Siku atau Bahu (Jika memungkinkan)

Hal ini dapat mengurangi risiko penularan virus corona yang menempel ditangan kita. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa handel pintu adalah benda yang paling sering tersentuh oleh siapa pun. Sehingga berpotensi menjadi tempat menempelnya virus Corona yang dibawa oleh tangan kita atau tangan orang lain.

Namun, jika hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan, kita dapat menggunakan tisu atau sapu tangan yang kita miliki. Atau rajin-rajin membersihkan handel pintu dengan cairan antiseptik dan selalu rajin mencuci tangan.

Cuci Tangan dengan 6 Langkah Benar

Selalu cuci tangan dengan sabun menggunakan 6 langkah mencuci tangan yang benar. Atau mencuci tangan menggunakan hand sanitizer saat sebelum makan maupun setelah makan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. 

Jangan Mengkonsumsi Daging yang Tidak Masak

Makanan yang kurang matang, terutama daging memiliki bakteri yang masih aktif di dalamnnya dan untuk hal ini maka sebaiknya kita memasak makanan kalian secara benar, bersih dan hingga matang. Sehingga dapat mencegah risiko tertularnya virus Corona melalui makanan.

Konsumsi Gizi Seimbang dengan banyak Sayur dan Buah-buahan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang seperti sayur dan buah-buahan dapat meingkatkan metabolisme dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah virus masuk ke tubuh kita. Karena kekebalan tubuh kita dapat melindungi diri kita dari serangan virus Corona.

Rajin Olahraga dan Istirahat Secukupnya

Olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah virus corona menyerang tubuh kalian. Maka dari itu, kita perlu mengatur jadwal berolah raga secara rutin dan istirahat teratur agar stamina kita tetap terjaga.

Pembatasan Liburan Keluar Negeri dan Bertemu Warga Asing

Liburan memang diperlukan oleh setiap individu untuk mengatasi kejenuhan dan mengurangi stress dari berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Selain itu juga liburan dapat meningkatkan hormon endofrin atau hormon kebahagian bagi orang yang menyukai liburan.

Namun, untuk saat ini WHO sudah menyatakan Darurat Global terhadap wabah Virus Corona tersebut dan salah satu pencegahan agar tidak menyebar luasnya virus ini adalah dengan pembatasan untuk berkunjung ke luar negeri. Terutama ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi wahana penularan virus Corona.

Jaga Kebersihan Lingkungan di Sekitar Kita

Menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan diri dan lingkungan rumah kita bukan hanya dapat mencegahan virus corona, tapi juga dapat mencegah berbagai penyakit lainnya. Bagaimana pun juga lingkungan yang bersih tentu membuat kita nyaman dan terhindar dari risiko tertular penyakit.

Itulah 10 cara mencegah penyebaran virus Corona yang bisa kita upayakan. Agar ke depan tidak semakin bertambah banyak korban akibat terinfeksi virus Corona. Silakan selalu berkomunikasi dengan layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan informasi penanganan tepat.

RS Nur Hidayah selalu siap membantu Anda jika sewaktu-waktu dibutuhkan terkait permasalahan kesehatan yang Anda alami. Semoga kita tetap semangat berikhtiar menghadapi penyebaran virus Corona dan senantiasa dijaga kesehatan kita oleh Allah SWT.

 

Ditulis oleh: Yuanita, S.Kep.,

Editor: Eko Suseno, S.Kep., Ns.

 

Referensi :

“How to Avoid the Coronavirus? Wash Your Hands”,by Elizabeth Rosethal, In The New York Times, Opinion, 2020.

“The Wuhan Virus : How to Stay Safe”, by Laurie Gerrett, In Foreign Policy, Report, 2020.

Kompas.com

Https://indonesia.go.id/gallery/langkah-pencegahan-virus-corona-di-indoensia

Sumber gambar: pixabay.com

info kamar kosong

  • 4

    VIP - Umum

    Rp. ,-/hari

  • 8

    KELAS III - Saraf

    Rp. ,-/hari

  • 8

    KELAS III - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 8

    KELAS III - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 4

    KELAS III - Kandungan

    Rp. ,-/hari

  • 10

    KELAS III - Penyakit Dalam

    Rp. ,-/hari

  • 10

    KELAS III - Anak

    Rp. ,-/hari

  • 2

    KELAS II - Bedah

    Rp. ,-/hari

  • 1

    KELAS I - HCU

    Rp. ,-/hari

  • 2

    KELAS I - Umum

    Rp. ,-/hari

  • 0

    RUANG ISOLASI - Isolasi Imunitas Menurun

    Rp. ,-/hari

  • 0

    RUANG ISOLASI - Isolasi Air Borne

    Rp. ,-/hari

Peta lokasi


View RS Nur Hidayah Bantul in a larger map
free web hit counter